Tips Merawat Ban

Di bawah ini cara untuk merawat ban mobil agar tetap nyaman dan tahan lama :

  1. Jangan menunggu hingga ban rusak. biasakan untuk selalu memeriksa tekanan ban mobil Anda, paling sedikit sekali sebulan dan terutama sebelum melakukan perjalanan jarak jauh. Ban dengan tekanan yang kurang memadai akan menyebabkan ban mudah panas karena gesekan yang besar deengan aspal, sehingga ban cepat aus dan bisa membahayakan keselamatan pengemudi dan penumpang.
  2. Anda harus hapal dengan tekanan yang proporsional dari ban mobil Anda. Ukuran tekanan ban yang pas bisa dilihat pada stiker yang menempel pada bagian dalam dari pintu kendaraan Anda, atau pada buku petunjuk pemilik kendaraan.
  3. Untuk pengukuran yang validterhadap tekanan ban mobil Anda, periksalah ban saat suhu mereka dingin. Jika mobil Anda habis menempuh perjalanan jauh, tunggulah kurang lebih tiga jam.
  4. Lakukan pemeriksaan berkala, plaing tidak sebulan sekali dan jagalah agar ukuran tekanan ban mobil Anda selalu pada batasan yang proporsional. Sehingga mobil Anda siap untuk digunakan jika sewaktu-waktu dibutuhkan.
  5. Uang koin bisa digunakan sebagai alat penunjuk bahwa ban mobil Anda telah gundul. Letakkan uang koin di tapak ban mobil Anda. Jika Anda bisa melihat seluruh gambar uang koin tersebut, maka saatnya bagi mobil Anda untuk ganti ban.
  6. Jagalah ban mobil Anda dari lobang di jalan. Sebab lobang yang terlelu besar tak hanya bisa merusakkan ban mobil Anda, melainkan juga mengganggu keseimbangan atau ballance dari mobil.
  7. Buatlah jadwal. pastikan Anda menukarkan ban mobil Anda antara yang di depan dan yang di belakang tiap 6000 mil. agar menyeragamkan kondisi seluruh ban dan mempertahankan masa pakai ban lebih lama.
  8. Jangan mengendarai mobil dengan ban yang tanpa penutup pentilnya. Mengemudikan mobil dengan ban tanpa penutup pentil bisa jadi menyebabkan kebocoran udara dari dalam ban dan bisa mengakibatkan ban kekurangan tekanan.
  9. periksalah keseimbangan atau ballance dari ban mobil Anda secara periodik, untuk menghindari putaran ban yang tidak stabil.
  10. Perhitungkan bobot yang harus dimuat oleh mobil anda. Jika muatan melebihi kapasitas maksimal dapat menimbulkan tekanan yang berlebih pada ban mobil Anda dan itu bisa sangat mebahayakan.
  11. Ukuran ban dan corak telapak ban harus sesuai. Minimal pada satu as memiliki merek serta ciri khas yang sama.
  12. Gunakanlah ban dengan konstruksi yang sama (misal dari bahan polyester atau baja.
  13. Ban tubeless harus dipasang pada velg yang khusus untuk ban tubeless. Begitu pula sebalikanya. Karen jenis ban yang menggunakan ban dalam tetapi menggunakan velg tubeless akan mengakibatkan berkurangnya tekanan angin. Sementara apabila Anda memilih untuk menggunakan ban jenis tubeless, jangan memaksa untuk menggunakan ban dalam. Sebab pada kecepatan tinggi panas udara dalam ban akan cepat naik dan efeknya ban setiap saat mudah meledak.
  14. Pemasangan ban dalam harus disesuaikan dengan jenisnya dengan ban luar. apabila memungkinkan gunakan ban dalam yang semerek dengan ban luar.
  15. Perhatikan pula kondisi ban yang anda gunakan pada kendaraan Anda. Kenali ban dengan melihat petunjuk TWI (Thread Wear Indicator). jadikan angka ukuran pada TWI sebagai patokan. Sesudahnya, coba Anda ukur dengan penggaris ketebalan alur ban dari dasar alur. Jika kuran dar 2mm sebaiknya Anda segera ganti ban Anda dengan yang baru.

Sebagai informasi tambahan, bagi Anda yang suka bepergian tak ada salahnya jika ban mobil Anda diberi cairan penambal ban otomatis sehingga ban akan aman-aman saja. Cairan tersebut berfungsi merekatkan kembali bagian ban yang tertusuk benda tajam. Sejumlah bengkel mengatakan bahwa untuk jenis paku dengan panjang 10mm yang masuk pada ban masih dapat tertahan.

Jika Anda merasa takut cairan tersebut akan merusak bagian dalam ban, Anda tak perlu khawatir justru cairan tersebut melindungi bagian dalam ban sekaligus melindungi velg Anda dari goresan. Cara membersihkannya pun cukup mudah, Anda tinggal semprotkan air pada bagian dalam ban, atau mengelap bagian dalam velg dengan lap kering.

Sumber : Bengekel di Rumah Anda